TV PROGRAMME CONCEPT

 



Objectivity


¢  Memberikan sarana dakwah / syiar yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dilapangan, tanpa ada kesan menggurui atau menghakimi
¢  Sosialisasi bagi ulama dalam meyampaikan dakwahnya, agar dapat langsung kesasarannya, yaitu masyarakat di lapangan, dan penyampaiannyapun dalam suasana penuh keakraban.
¢  Sebagai media introspeksi dari masyarakat berbagai golongan mengenai realita kehidupan yang dihadapi
¢  Merespon berbagai masalah yang menyangkut kehidupan masyarakat dan memberikan solusi bagi mereka
¢                     ¢   Menyajikan alternative tontonan yang berkualitas dan mendidik.

Background
¢  Banyaknya berbagai fakta negatif, seperti ; kasus kriminal, depresi dan sebagainya yang terjadi akhir-akhir ini membuat banyak pihak begitu khawatir akan kehidupannya
¢  Kondisi hidup yang sulit, dengan berbagai faktor himpitan ekonomi dan sosial yang juga sulit membuat sebagian dari masyarakat kita yang akhirnya bertindak negatif.
¢  Hal tersebut tak lepas dari minimnya kadar iman seseorang dalam menyikapi hidup dan kehidupan
¢  Iman yang tipis hanya akan membawa hati kita tertutup oleh kondisi yang dihadapi, hal inilah yang mendorong banyaknya kasus negatif yang terjadi disekitar lingkungan kita, mulai dari tindakan kriminal, bunuh diri, asusila, hingga stress atau depresi
¢  Dalam upaya mengurangi dampak negatif tersebut, tidak ada salahnya kita mulai dengan membuka hati kita untuk kearah positif.
¢  Kurangnya peran aktif ulama dan respon masyarakat yang sangat kurang menyebabkan masyarakat sedikit kurang terkendali bahkan menyimpang
¢  Sedangkan program dakwah yang langsung bersentuhan dengan masyarakat masih sangat kurang, dalam hal inilah SYIAR ON THE SPOT hadir sebagai salah satu bentuk program religi yang berbeda yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dari berbagai golongan.

Konsep Program
¢  SYIAR ON THE SPOT merupakan program religi berdurasi 30 menit (3 segmen), yang menghadirkan langsung ulama ketengah-tengah masyarakat.
¢  Ulama dan masyarakat duduk bersama, berdiskusi bersama dan mencari solusi dari apa yang dihadapi. Jadi terkesan tidak menggurui dan tidak menghakimi.
¢  Pada setiap episodenya akan ditampilkan berbagai masalah berbeda yang dihadapi masyarakat, dan ulama sendiri langsung mendatangi komunitas tersebut dan berdiskusi secara santai namun serius.
¢  Tiap segmen yang dihadirkan memberikan warna tersendiri dan merupakan satu rangkaian format utuh.
¢  SYIAR THE SPOT akan menampilkan ulama yang sudah dikenal oleh masyarakat luas dan merakyat, sehingga dalam penyampaiannyapun akan mudah diterima.
¢  Berbagai komunitas atau lokasi pun menjadi target dalam SYIAR ON THE SPOT ini, seperti…Pasar, komunitas anak ‘punk’, warung kopi, anak sekolah, tempat kos, mall, dan lain-lain disesuaikan dengan tema yang akan diangkat.

Technical review
¢  Judul Acara                         :  SYIAR ON THE SPOT
¢  Jenis Acara                          :  RELIGI
¢  Durasi                                 :  30 menit
¢  Format                                :  Taping (EFP)
¢  Host / Ulama                       :  Ustad Ahmad Al Habsyi
¢  Venue                                  :  Out Door                            

Target Market
¢  Family
¢  All Segmen (Kids, teenage, adult, old)
¢  All Gender
¢  ABCD Class


Technical Treatment
¢  Camera : 1 Camera ( EFP )
¢  Audio    : Wireles Clip On & Boom Mic
¢  Light      : Accu Light

Setting
¢  Setting dilakukan diberbagai lokasi dilapangan sesuai dengan tema yang diangkat, misalnya pasar (bagi masyarakat pedagang & pembeli), stasiun KA / terminal (bagi komunitas anak punk dan anak jalanan), pos ronda (bagi bapak-bapak), warung kopi (bagi komunitas ojek & anak muda pengangguran), sebuah rumah arisan / PKK (bagi ibu-ibu) dan lain-lain
¢           ¢   Format shooting adalah EFP dengan menggunakan 2 kamera

Segmentasi
¢  Segmen 1
    Dalam segmen ini ust. Ahmad akan membuka program dan mulai introducing mengenai tema dan sedikit mengulas tema tersebut.
    Ada VT + VO yang berhubungan dengan tema yang akan diangkat,  Setelah itu ia mengajak pemirsa untuk mendatangi lokasi yang akan ia tuju.
¢  Segmen 2
    Disegmen 2 ini, Ust. Ahmad tiba dilokasi tersebut dan mulai beramah-tamah diantara mereka, kemudian diskusi berlangsung. Ust Ahmad menanyakan kabar dan mencoba untuk mengungkap permasalahan apa yang mereka sering hadapi.
¢  Segmen 3
Segmen 3 ini diskusi masih berlangsung, dan adanya saling berbagi pendapat diantara mereka. Tak lupa juga Ust. Ahmad memberikan tausiah dan pendapatnya dari sudut pandang agama.Lalu Ust. Ahmad memberikan kesimpulan dan berpamitan kepada mereka

Rundown Program
SEGMEN 1
¢  Opening Teaser                                                                                                30”
¢  Opening Host + prolog tema                                                                            1 mnt 30 “
¢  VT Content + VO                                                                                           2 mnt
¢  Round Up VT                                                                                                 2 mnt
¢  Tag to Lokasi + Fast cut to lokasi                                                                    1 mnt
¢  Bumper out                                                                                                    5”
¢  Total durasi segmen 1                                                                                 7 mnt 05”
¢  Commercial Break-----------------------------------------
          SEGMEN 2
¢  Bumper in                                                                                                      5”
¢  Ust. Tiba dilokasi & tag to diskusi                                                                  30”
¢  Diskusi + Tausiah                                                                                          6 mnt
¢  Hooker                                                                                                         30”
¢  Bumper out                                                                                                   5”
¢  Total durasi segmen 2                                                                                7 mnt 10”
¢  Commercial break------------------------------------------
  SEGMEN 3
¢  Bumper in                                                                                                    5”
¢  Tag to diskusi                                                                                              30”
¢  Diskusi                                                                                                        5 mnt 30”
¢  Kesimpulan                                                                                                 2 mnt
¢  Closing Program                                                                                         1 mnt
¢  CT                                                                                                             40”
¢  Total durasi segmen 3                                                                              9 mnt 45”
¢  TOTAL ALL SEGMEN                                                                          24 mnt

Estimasi Budget
¢  Ustad Ahmad Al Habsyi                      : 2,5 juta
¢  Biaya Ijin Lokasi                                 : 500 ribu
¢  Biaya Konsumsi                                  : 100 ribu
¢  Biaya Operasional                               : 400 ribu
         TOTAL                                               : 3,5 Juta



0 komentar: