SEGMENTASI


  Definisi Segmentasi Audience :
-          Proses untuk mengelompokan audience ke dalam kotak yang homogen.
-          Pengelola media penyiaran harus memilih satu / beberapa audience saja

Segmentasi audience:
  1. Konsep dalam mengembangkan bisnis penyiaran
  2. Melayani audience: 1)secara lebih baik, 2)komunikasi yang persuasif/memengaruhi, 3)memuaskan keinginan &kebutuhan audience
Segmentasi audience tidak diperlukan jika:
  1. Struktur pasar bersifat monopolistik
  2. Merupakan satu-satunya yang ada di daerah tersebut (contoh TVRI era 90an)
Dalam media penyiaran televisi audience adalah pasar, sedangkan program adalah produk/barang. Beberapa kriteria yang harus dipenuhi sebelum memasuki suatu segmen:
       Segmen cukup besar: agar menjamin kontinuitas produksi program & pemasang iklan
       Daya beli: populasi besar belum tentu daya belinya besar
       Dapat dibedakan: setiap acara yang ditayangkan harus ada yang beda.
       Pesaing lain: stasiun tv lain harus diperhatikan. Misal program talkshow komedi X tidak mau head to head dengan “bukan 4 mata”
       Dapat dijangkau: segmen yang baik harus dapat dijangkau, media penyiaran harus dapat menjangkau segmen yang dimaksud
       SEGMENTASI DEMOGRAFIS, segmentasi berdasarkan kependudukan:
  1. Usia
  2. Jenis kelamin
  3. Pekerjaan/pendidikan
  4. Tingkat penghasilan
  5. Agama, suku bangsa
 Segmentasi berdasarkan usia
  1. Usia 5 – 9 tahun
  2. Usia 10 – 19 tahun
  3. Usia 20 – 29 tahun
  4. Usia 30 – 39 tahun
  5. Usia 40 tahun keatas
 Segmentasi berdasarkan jenis kelamin:
  1. Program sport biasanya lebih disukai pria
                (bola, tinju, balap motor mobil)
  1. Program infotainmen/sinetron biasanya disukai wanita
  2. Program berita biasanya disukai pria
 Segmentasi berdasarkan pekerjaan:
  1. Eksekutif, biasanya menyukai program yang mendorong daya pikir untuk membantu menangani keputusan.
  2. Pekerja kasar, biasanya menyukai program musik dangdut karena tingkat pendidikan terkait dengan pekerjaan, tetapi tidak selalu
Segmentasi psikografi (life style & personality):
  1. Gaya hidup mempengaruhi perilaku seseorang, berdampak menetukan pilihan-pilihan konsumsi seseorang
  2. Gaya hidup mencerminkan bagaimana seseorang menghabiskan waktu luangnya melalui aktifitas minat.
Psikografi adalah segmentasi yang mengelompokan audience secara lebih tajam dari variabel demografi

0 komentar: