SEGMENTASI
- Proses untuk mengelompokan audience ke dalam kotak yang homogen.
- Pengelola media penyiaran harus memilih satu / beberapa audience saja
Segmentasi audience:
- Konsep dalam mengembangkan bisnis penyiaran
- Melayani audience: 1)secara lebih baik, 2)komunikasi yang persuasif/memengaruhi, 3)memuaskan keinginan &kebutuhan audience
Segmentasi audience tidak diperlukan jika:
- Struktur pasar bersifat monopolistik
- Merupakan satu-satunya yang ada di daerah tersebut (contoh TVRI era 90an)
Dalam media penyiaran televisi audience adalah pasar, sedangkan program adalah produk/barang. Beberapa kriteria yang harus dipenuhi sebelum memasuki suatu segmen:
• Segmen cukup besar: agar menjamin kontinuitas produksi program & pemasang iklan
• Daya beli: populasi besar belum tentu daya belinya besar
• Dapat dibedakan: setiap acara yang ditayangkan harus ada yang beda.
• Pesaing lain: stasiun tv lain harus diperhatikan. Misal program talkshow komedi X tidak mau head to head dengan “bukan 4 mata”
• Dapat dijangkau: segmen yang baik harus dapat dijangkau, media penyiaran harus dapat menjangkau segmen yang dimaksud
• SEGMENTASI DEMOGRAFIS, segmentasi berdasarkan kependudukan:
- Usia
- Jenis kelamin
- Pekerjaan/pendidikan
- Tingkat penghasilan
- Agama, suku bangsa
- Usia 5 – 9 tahun
- Usia 10 – 19 tahun
- Usia 20 – 29 tahun
- Usia 30 – 39 tahun
- Usia 40 tahun keatas
- Program sport biasanya lebih disukai pria
(bola, tinju, balap motor mobil)
- Program infotainmen/sinetron biasanya disukai wanita
- Program berita biasanya disukai pria
- Eksekutif, biasanya menyukai program yang mendorong daya pikir untuk membantu menangani keputusan.
- Pekerja kasar, biasanya menyukai program musik dangdut karena tingkat pendidikan terkait dengan pekerjaan, tetapi tidak selalu
Segmentasi psikografi (life style & personality):
- Gaya hidup mempengaruhi perilaku seseorang, berdampak menetukan pilihan-pilihan konsumsi seseorang
- Gaya hidup mencerminkan bagaimana seseorang menghabiskan waktu luangnya melalui aktifitas minat.
Psikografi adalah segmentasi yang mengelompokan audience secara lebih tajam dari variabel demografi
0 komentar: